Sejarah
multimedia
· Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer.
Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut
pertunjukan multimedia.
· Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan
diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM
pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video
adhapter card ps/2
·
Pada
tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia
dipasaran.
·
Multimedia
memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai
dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan
mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
·
Beberapa
sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar
sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.
Pengertian
multimedia
Ø
Multi-banyak,
Media-sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi.
Ø
Suatu
sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain
seperti televisi, monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo
yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian audio visual yang utuh.
Beberapa pakar mengartikan multimedia
sebagai berikut :
- Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
- Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
- Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
- Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
“ Multimedia adalah pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak
(video dan animasi) dengan menggabungkan link
dan tool yang memungkinkan pemakai
melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi “
Kelebihan
Multimedia
Dari berbagai
media informasi, multimedia memilki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat
digantikan oleh penyajian media informasi lainya.
Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara
pandangan,suara dan gerakan.
Lembaga riset dan
penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa
orang hanya mampu mengingat 20 % dari
yang dilihat dan 30 % dari yang
didengar. Tetapi orang mengingat 50 %
dari yang dilihat dan didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan
dilakukan sekaligus.
Komponen
Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia
terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat dalam
gambar dibawah ini :
a. Teks
Bentuk data multimedia yang paling
mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat
atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung
kepada penggunaan aplikasi multimedia.
b. Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam
presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan
dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks
dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai
ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.
c.
Bunyi (audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia,
bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik
dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli
ataupun menciptakan sendiri.
d.
Video
Video menyediakan sumberdaya yang kaya
dan hidup bagi aplikasi multimedia.
e.
Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan
penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
f.
Virtual Reality
Virtual reality merupakan penggunaan
multimedia untuk penerapan secara langsung.
NTSC
System
NTSC
(National Television System Committee) merupakan sistem milik Amerika Serikat
dengan lebar layar 525 baris, digunakan
di negara Kanada, Greenland, Mexico, Kuba, Jepang, Philipina, Puerto Rico dan
beberapa negara di Amerika Selatan.
Resolution : NTSC 640 X
480
NTSC
DV 720
X 480
NTSC
WideScreen 720 X 480
NTSC
D1 720 X 486
NTSC
Square Pix 720 X 540
Frame Rate : 30 fps
PAL
dan SECAM System
Banyak negara yang menggunakan kedua
sistem ini yakni PAL (Phase Alternating
Line) atau SECAM (Sequential Color and Memory). Kedua sistem ini memiliki
lebar layar 625 baris
Resolution : PAL
D1/DV : 720 X
576
PAL D1/DV Square Pix : 768 X 576
PAL D1/DV WideScreen : 720 X 576
Frame Rate : 25 fps
HDTV
HDTV
(High Definition Television) adalah standar internasional baru
untuk dunia televisi. HDTV dapat digunakan dalam 1.125 baris.
Resolution 1280 X 720
Frame Rate 29.9 Fps
Software Multimedia
- Viewing: Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD)
2.
Capturing : Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui device
multimedia. (software scanner, capture, camdig)
- Editing : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi senuah sajian (adobe)
- Authoring : Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash)
0 komentar:
Posting Komentar