DI
NAMA
|
:
|
NURUL HIDAYAT
|
NIS
|
:
|
121310555
|
KELAS
|
:
|
XII MULTIMEDIA 1
|
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2GARUT
KELOMPOK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI
Jl. Suherman No. 90 Po Box 103
Telp./Fax. 0262 – 233141
e – mail : smkn2sbi_garut@yahoo.co.id
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN
PRAKTEK INDUSTRI
Hari
|
:.............................................
|
Tanggal
|
:.............................................
|
PEMBIMBING
Sekolah
|
Industri
|
Sevi Sofiyanti S.Kom
|
Lylyk Priambodo. SE
|
Ketua Praktik Industri
|
Ketua Program
|
H.Gusti Gunawan, S Pd
NIP.195909061980031005
|
Drs. Cucu Sumiarsa, M.Si
NIP. 1367080719944031010
|
LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN
Yang bertanda tangan
dibawah ini Pimpinan AA Advertising dan Pembimbing, menyatakan bahwa :
Nama :
Nurul Hidayat
Jurusan :
Multimedia
Keahlian :
Teknik Komputer
Sekolah :
SMK Negeri 2 Garut
Siswa tersebut diatas
benar adanya telah melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di AA Advertising selama 2 bulan lebih yang dimulai dari
tanggal 17 Juli
sampai dengan 13 September 2013.
Laporan ini disahkan
dan disetujui oleh :
Pimpinan
Perusahaan,
Lylyk Priambodo. SE
|
Pembimbing,
Marsuki
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT. yang telah melimpah curahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga pembuatan
Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di AA ADVERTISING ini dapat penulis selesaikan
dengan sebaik-baiknya. Laporan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis selama
menjalankan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang dimulai pada tanggal 8
Agustus s/d 20 September
2014 untuk memenuhi salah
satu syarat mengikuti Uji Kompetensi dan
Ujian Negara Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Adapun dalam menyajikan
laporan ini, berdasarkan hasil kerja di
lapangan selama penulis melaksanakan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN).Penulis
menyadari bahwa penulisan laporan ini tidak luput dari
kesalahan,
oleh karena itu penulis meminta maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan
laporan ini baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Penulis
mengharapkan kritik dan juga saran supaya dapat menulis dan menyusun laporan
ini dengan baik.Tak lupa pula penulis
mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Bapak
Drs. H. Aban Suryana, Msi sebagai Kepala SMKN 2 Garut
|
|
2. Bapak
H. Gusti Gunawan, S.Pd. selaku Ketua Praktek Kerja Industri
|
|
3. Bapak
Drs. Cucu Sumiarsa, M.Si selaku Ketua Program Keahlian
|
|
4. Bapak Lylyk Priambodo, SE
selaku Pimpinan AA Advertising
|
|
5. Bapak Marsuki selaku
Pembimbing di Industri
|
|
6. Ibu
Sevi Sofiyanti, S.Kom Selaku Pembimbing di Sekolah
|
|
7. Semua
pihak yang membantu dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri
|
|
Garut, Oktober 2013
Penulis
NURUL HIDAYAT
NIS. 121310555
|
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pada
dasarnya Keahlian Kejuruan (SMK) di Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI)
merupakan Pendidikan dan Pelatihan untuk menunjukkan bahwa keterampilan siswa
SMK, memiliki Evaluasi keberhasilan siswa sampai dengan pemasaran tamatan.
Program Pendidikan dan Pelatihan membuat aspek-aspek pendidikan , yang meliputi
:
a.
Komponen Normatif yang
meliputi mata pelajaran PAI, PKN, Bahasa dan Sastra Indonesia, Penjaskes,
Sejarah Nasional dan Sejarah Umum.
b.
Komponen Adaftif yang
meliputi mata pelajaran teori-teori kejuruan dalam lingkungan hidup suatu program study tertentu.
c.
Komponen Praktek Dasar
Kejuruan yang meliputi praktik penunjang dalam melakukan beberapa jenis
pekerjaan relevan di Dunia Usaha / Dunia Industri, yang berada dalam lingkup
profil tamatan dari program study
tertentu.
d.
Komponen Praktek
Industri Kerja Langsung pada Dunia Usaha / Dunia Industri.
Dari
berbagai pengalaman SMK menyelenggarakan program PSG, Komponen Normatif dan
Adaftif yang dilaksanakan di sekolah. Komponen Praktek Dasar Kejuruan dapat
dilaksanakan sebagian di sekolah dan sebagiannya di industri, sedangkan
Komponen Praktek Industri sepenuhnya dilaksanakan di Industri.
1.2 Pembatasan
Ruang Lingkup
Adapun
langkah lanjut dalam menyusun laporan
ini, maka dari pada itu penulis membuat batasan masalah agar tidak keluar dari
pembahasan yang akan dibahas dalam sidang. Dan batasan dalam laporan ini
menitik beratkan pembahasan tentang
Digital Printing.
1.3 Rumusan
Masalah
Adapun
rumusan masalah yang akan dibahas dalam laporan ini, antara lain :
b.
Digital Printing
c.
Macam-macam
Digital Printing
d.
Alat dan bahan
yang digunakan Digital Printing
e.
Software yang
digunakan Digital Printing
1.4 Maksud
dan Tujuan
Adapun maksud
dari penyusunan laporan ini yakni sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis
dari siswa untuk dijadikan bahan perbandingan dalam pengujian / sidang setelah
PRAKERIN selesai. Jauh dari itu, penulisan laporan ini juga dimaksudkan untuk
melatih prinsip dan konsep serta manajemen siswa dalam setiap aktivitas yang
dilakukan sehingga pencapaian yang didapat tidak lebih dari sekedar pelaksanaan
tugas dari sekolah melainkan terdapat
nilai-nilai tambah yang menyertainya.
1.4.1 Tujuan Khusus
Adapun
tujuan khusus Praktek Kerja Industri antara lain :
a.
Menghasilkan tenaga
kerja yang memiliki keahlian profesional dibidang teknologi serta memiliki
keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b.
Memperoleh LINK AND MATCH (Keterkaitan dan
Kesepadanan) antara Sekolah dengan Dunia Usaha.
c.
Meningkatkan Efisiensi
proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
d.
Memberikan pengakuan
dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses belajar.
1.4.2 Tujuan Umum
Adapun
tujuan umum dari Praktek Kerja Industri ini yaitu untuk memenuhi persyaratan
pelaksanaan Ujian Kompetensi dan Ujian Negara. Serta pada dasarnya bertujuan
dalam rangka uji coba mengenai gagasan baru yang diperlukan pengembangan
pendidikan ntuk menjadi tenaga kerja yang dimiliki keahlian profesional.
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 Pengertian
dan Sejarah Digital Printing
Secara umum pengertian digital printing adalah proses pencetakagambar/citra
digital ke permukaan material atau media fisik. Umumnya proses ini di gunakan
untuk pekerjaan pencetakan dengan volume atau jumlah terbatas. Dapat juga
digunakan jika kita menginginkan personalisasi pada gambar yang dicetak atau
customize. Personalisasi ini kita kenal dengan istilah “Variable Data
Printing”.
Pada
era tahun 90-an digital printing untuk keperluan media dalam dan luar ruang
dengan menggunakan mesin cetak berteknologi inkjet mulai berkembang dengan
sangat dramatis. Beberapa mesin dengan teknologi ini juga digunakan sebagai
alat untuk kebutuhan proofing pada cetak offset sebelum masuk pada proses
produksi. Sedangkan inkjet secara massal sudah digunakan untuk keperluan kantor
dan rumah. Saat ini digital printing untuk keperluan indsutri promosi juga
berkembang dengan sangat luar biasa terutama yang berkaitan dengan promosi luar
ruang.
2.2 Macam-Macam
Digital Printing
1) Digital Printing T-shirt, Mugs dan ID Card
Salah satu produk yang bisa dikerjakan dengan Mesi Digital
Printing adalah jenis cetak sablon (cetak saring) yang medianya sangat beragam,
seperti t-shirt, mugs, dan ID Card. Dalam proses pembuatan produk digital printing jenis ini, pelanggan bisa
membuat desain sendiri dengan format file digital. Keunggulan cetak digital ini
adalah sifatnya yang eksklusif karena dicetak dalam jumlah terbatas.
Peralatan yang
dibutuhkan untuk usaha digital printing jenis sablon t-shirt digital, antara
lain komputer spek grafis, mesin print komputer biasa, namun menggunakan tinta
khusus sablon, dan kertas sablon atau transfer paper dan setrika listrik.
Hal lain yang menjadi keunggulan jenis sablon dengan digital
printing adalah dapat mencetak di bidang
lunak, juga dapat mencetak gambar di mugs atau gelas keramik. Cara mencetaknya
dengan mengguakan alat digital khusus mugs.
2)
Digital Printing Indoor / Outdoor
Banner, spanduk, backdrop dan lain-lain saat ini banyak
digunakan sebagai media promosi mandiri yang dicetak dalam media plastic,
nylon, vinyl dan lain-lain. Banner sifatnya fleksibel, bisa dipajang di
berbagai lokasi, baik outdoor maupun indoor, sehingga mampu menyampaikan
informasi tentang produk atau kegiatan yang ditawarkan kepada pelanggan secara
lebih luas. Karena aplikasinya berbeda, media yang digunakan untuk produk cetak
indoor dan outdoor pun berbeda spesifikasinya, masing-masing memiliki nilai plus minus. Sebagai contoh,
untuk aplikasi outdoor pencetakan
dilakukan dengan menggunakan media dan
jenis tinta yang tahan terhadap paparan cahaya matahari, sedangkan untuk aplikasi indoor, karena posisi
peletakannya lebih dekat dengan mata, maka akurasi warna dan penggunaan tinta yang tidak mengganggu kesehtan tentu
lebih diutamakan.
Demikian juga dengan baliho atau media iklan dalam ukuran
besar dan panjang. Saat ini, baliho dan spanduk banyak digunakan sebagai media
promosi outdoor. Pada awalnya, spanduk
dicetak dengan menggunakan bahan dasar
kain nylon. Dengan teknologi digital printing, spanduk dicetak menggunakan mesin digital berukuran
besar dan bahan yang lebih beragam, sehingga gambar lebih realistis dan warna
yang dicetak sesuai dengan keinginan pelanggan.
3) Digital
Printing (Digital Press)
Digital Printing jenis ini
menggunakan media kertas atau stiker yang berfungsi sebagai pamflet,
brosur, atau catalog dan terdiri dari
berbagai ukuran seperti A5, A4, atau A3. Agar pamflet terlihat menarik, maka harus dirancang sedemikan rupa meliputi
pemilihan font, komposisi gambar, tabel dan warna dasar dari pamflet.
Pamflet biasanya ditempel pada tempat-tempat tertentu di
area public, seperti: papan pengumuman, halte bus, tiang listrik dan lain
sebagainya. Fungsi pamflet sangat diandalkan sebagai media promosi berbagai
produk barang maupun jasa dan
event-event besar, seperti konser, seminar atau pameran. Permintaan
konsumen akan pamflet mengalami peningkatan yang signifikan seiring
dengan munculnya beragam usaha yang dikembangkan masyarakat
2.3 Alat
Digital Printing
1) Mesin Digital Printing Indoor
Mesin
percetakan digital indoor ini merupakan
mesin cetak yang dapat melayani kebutuhan yang ditempatkan dalam ruangan. Biasa
nya mesin cetak indoor ini melayani
kebutuhan cetak seperti x banner, poster, spanduk, sticker, wallcovering, dll
yang digunakan untuk dalam ruangan. Karakter dari mesin cetak indoor ini
mempunyai ukuran lebar diantara nya 24inch, 42inch, 60inch. Untuk hasil cetakan
mesin cetak ini mempunyai kualitas tinggi namun jika dilihat dari jarak dekat.
2)
Mesin
Digital Printing Outdoor
Mesin
percetakan digital outdoor biasa nya
digunakan untuk kebutuhan advertaising di luar ruangan atau cetakan dengan
ukuran yang besar, seperti baliho, spanduk, yang tahan akan air dan panas.
Untuk karakter dari mesin ini biasa nya jenis large printer dengan lebar 2 – 3
meter.
3)
Mesin
Digital Printing Semi Indoor Outdoor
Mesin
percetakan digital ini tergolong flexsibel karena bisa melayani kebutuhan
cetakan baik untuk indoor maupun outdoor. Mesin ini mencetak indoor dan outdoor
karena menggunakan base tinta eco solvent, di mana karakter tinta ini tidak
berbau jika digunakan dalam ruangan dan luar ruangan tentu nya aman dan ramah
lingkungan.
4) Mesin Digital Printing Photographic
Sama dengan
namanya, mesin cetak ini khusus digunakan untuk menangani cetakan yang
berhubungan dengan photographic. Ini karena photographic ini mengutamakan
kualitas dan presisi gambar dengan warna yang sulit didapatkan jika menggunakan
mesin printing lainnya. Untuk mencetak gambar menggunakan mesin ini menggunakan
media dye dan pigment.
5)
Mesin
Digital Printing Textile
Mesin
percetakan textile ini merupakan hasil perkembangan teknologi di mana semakin
hari semakin berkembang dengan cepat. Namun sebenarnya mesin ini bukan
teknologi baru khusus nya di luar negeri, di mana di sana sudah menjadi hal
yang umum dan sudah biasa. Mesin ini temasuk mesin yang aman dan ramah akan
lingkungan. Selain itu hasil yang dihasilkan bersifat ringan yang dapat memberi
kemungkinan pengiriman bisa dilakukan dalam jumlah yang banyak.
6)
Mesin
Digital UV Printer
Mesin cetak
ini digunakan khusus untuk menghasilkan cetakan di mesia yang kasar dan kaku.
Seperti besi, seng, acrilyc, triplek, kaca, keramik, plastik, dan lain-lain
dengan syarat media tersebut harus flat/rata.
2.4 Bahan
Digital Printing
1)
Flexi
China
Bahan jenis
ini agak halus dan agak tipis. Umumnya dipakai untuk mencetak Spanduk, Baliho,
Umbul-Umbul, X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Photowall, Mini X-Banner,
Wallpaper, Backdrop, Billboard, maupun Backwall. Bahan jenis ini seratnya agak
halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar
ruangan (Outdoor).gramasi yang umum dipakai 230 s/d 400 gr. Untuk Lebar
gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220cm, 250cm, 320cm dan 550cm.
2)
Flexi
Korea
Bahan jenis
ini agak kasar agak tebal. Umumnya dipakai untuk mencetak Spanduk, Baliho,
Umbul-Umbul, X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Photowall, Mini X-Banner,
Backwall maupun Wallpaper.. Bahan jenis ini seratnya agak kasar agak tebal dan
cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan
(Outdoor).
gramasi yang umum dipakai
230 s/d 350 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar
250cm, 320cm dan 550cm.
3)
Albatros
Bahan jenis
ini halus, tipis dan mengkilap. Umumnya dipakai untuk mencetak X-Banner, Roll
Up, Y-Banner, I-Banner, Poster. Bahan jenis ini seratnya agak halus dan cocok
untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dengan ditambahkan hasil finishing
seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan. gramasi yang
umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara
lebar 90cm, 125cm, 150cm.
4)
Glossy
Paper
Bahan jenis
ini halus, tebal dan berwarna putih. Umumnya dipakai untuk mencetak X-Banner,
Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster dan Foto. Bahan jenis ini seratnya halus
dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dengan ditambahkan hasil
finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan.
Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses
cetak diantara lebar 90cm, 125cm, 150cm.
5)
Sticker
Paper
Bahan jenis
ini halus, tipis dan berwarna putih. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan
sticker yang terpasang dikaca, acrylik, triplek, di mobil dan lain sebagainya
yang pada permukaan datar. Bahan jenis ini seratnya halus dan tipis cocok untuk
posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor) dengan
ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY / FLOOR GRAPIK
supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar
gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105cm, 125cm, 150cm.
6)
Sticker
Transparan
Bahan jenis
ini halus, tipis dan transparan. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan
sticker yang terpasang dikaca, acrylik, triplek, di mobil dan lain sebagainya
yang pada permukaan datar. Bahan jenis ini seratnya halus dan tipis cocok untuk
posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor) dengan
ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya
lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan
untuk proses cetak diantara lebar 105cm, 125cm, 150cm.
7)
Flexi
Backlite China
Bahan jenis
ini halus, tebal dan agak transparan. Bagian belakang seratnya agak kasar.
Umumnya dipakai untuk mencetak Neon Box, Sign Board yang terpasang di depan
lampu penerangan. Bahan jenis ini seratnya halus dan tebal cocok untuk posisi
iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor). Gramasi yang
umum dipakai 250 s/d 300 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak
diantara lebar 220cm, 250cm, 320cm dan 550cm.
8)
Clocth
Bahan jenis
ini seperti kain permukaannya halus, sangat tipis. Umumnya dipakai untuk
mencetak Bendera, . Bahan jenis ini seratnya halus dan sangat tipis cocok untuk
posisi iklan didalam ruangan (Indoor).
9)
Sticker
One Way
Bahan jenis
ini halus, tebal dan permukaanya bolong-bolong. Umumnya dipakai untuk mencetak
pengunaan sticker yang terpasang dikaca dan sejenisnya yang berbentuk
transparan. Bahan jenis ini seratnya halus, tebal cocok untuk posisi iklan
didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor). Gramasi yang umum
dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar
90cm, 105cm, 125cm dan 150cm
2.5 Sofware
Yang Digunakan (CorelDRAW)
1) Pengertian dan Sejarah CorelDRAW
CorelDRAW
merupakan suatu program aplikasi grafis berbasis vector yang memungkinkan seseorang membuat sebuah karya seni
profesional, mulai dari yang simpel seperti logo sederhana hingga ilustrasi
teknis yang rumit tau kompleks dengan pemprosesan visual.
CorelDRAW adalah software pembuat
grafik vector yang mana dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di
Ottawa, Kanada. Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X5 atau versi 15
yang diluncurkan di bulan februari 2010.
CorelDRAW
pertama kali dibuat pada tahun 1987, Corel Corporation mempekerjakan teknisi
software Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi
dasar vector untuk disatukan dengan System Desktop Publishing
mereka. Mulanya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989 yaitu CorelDRAW 1.x
dan 2.x yang berjalan pada Windows. CorelDRAW 3.0 dirilis bersamaan dengan
microsoft windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam true type pada windows 3.1
merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat
menggunakan sistem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga
seperti Adobe Type Manager.
2) Mengenal Area Kerja CorelDRAW
CorelDRAW menyediakan tool dan efek yang membuat kita dapat
bekerja efisien untuk menghasilkan sebuah gambar berkualitas tinggi. Dari
beberapa versi perkembangan CorelDRAW, yang saat ini cukup baik untuk kita
gunakan adalah CorelDRAW versi X4 (14). Versi yang paling tinggi membutuhkan
performa computer (spesifikasi processor, RAM, dan memori grafis) yang tinggi
pula. Untuk penggunaan standar (Latihan untuk membuat karya grafis sederhana),
versi yang lebih lama ( Versi 10, 11 atau 12) pun sebenarnya cukup baik untuk
kita gunakan.
a.
Mengaktifkan CorelDRAW
Adapun cara untuk mengaktifkan
CorelDRAW yaitu :
1.
Klik Star
2.
All Programs
3.
CorelDRAW Graphics Suite X4
4.
Pilih CorelDRAW X4
5.
Lalu setelah itu tampilan CorelDRAW pun akan muncul dan
CorelDRAW pun telah diaktifkan dan siap untuk dipergunakan
b.
Lembar Kerja Pada Area Kerja CorelDRAW
1
Title Bar
Title bar yaitu berisi tentang aplikasi yang sedang aktif dan
file yang sedang dikerjakan. Apabila file yang sedang kita kerjakan belum
disimpan dan diberi nama maka secara otomatis akan diberinama seperti Graphic 1,
Garphic 2, dst.
2
Menu bar
Menu bar adalah barisan menu yang
menampilkan perintah-perintah yang digunakan untuk mengatur dan mengolah objek.
Masing–masing menu mempunyai submenu dan perintah.
3
Standar Toolbar
4
Toolbox
Yaitu merupakan kumpulan tombol yang
digunakan untuk membuat dan memodifikasi objek.
5
Color Palette
Yaitu berisikan kumpulan warna yang
bisa dipakai untuk mewarnai objek gambar / tulisan di media kerja CorelDraw.
6
Property Bar
Menu
ini berfungsi untuk menunjukkan properti / nilai dari objek yang ada di
tampilan lembar kerja CorelDraw sehingga Property Bar akan selalu berubah -
ubah tergantung dari objek yang ditampilkan. Misal lembar kerja kertas secara
default adalah letter, coba ubah menjadi A4 maka nilai Property Bar akan
berubah.
7
Bitmap Color Mask
Yaitu
untuk mengkombinasikan warna pada gambar bitmap.
8
Transformation
Yaitu
untuk menampilkan jendela perintah-perintah pindah (move), berputar
(rotate), strenght atau juga skew.
9
Object Manager
Yaitu berfungsi untuk mengatur
sebuah objek .
3) Operasi Dasar CorelDRAW
a.
Objek Garis
Pada sistem CorelDRAW X4 objek
garis dapat dibentuk melalui curve tool yang terdapat pada fasilitas toolbox.
Dan adapun sub alat yang terdapat pada fasilitas toolbox yaitu :
1.
Freehand Tool
|
:
|
Alat ini digunakan
untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
|
2.
Bezier Tool
|
:
|
Alat ini digunakan
untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara
bersamaan.
|
3.
Artistik Media Tool
|
:
|
Alat ini digunakan
untuk membentuk berbagai objek garis.
|
4.
Pen Tool
|
:
|
Penggunaan alat ini
hampir sama dengan penggunan Bezier Tool.
|
5.
Polyline Tool
|
:
|
Penggunaan alat ini
hampir sama dengan penggunaan Freehand Tool.
|
6.
Point Curve Tool
|
:
|
Alat ini digunakan
untuk membentuk garis melingkar dengan cepat dan mudah.
|
7.
Connector Tool
|
:
|
Alat ini
digunakan untuk
menghubungkan
beberapa objek gambar. Misalnya membentuk garis penghubung alur diagram.
|
8.
Dimension Tool
|
:
|
Alat ini digunakan
untuk membentuk garis dimensi seperti garis vertikal, horizontal, diagonal
dan sebagainya.
|
b.
Objek Gambar
Di dalam CorelDRAW, berbagai
bentuk gambar yang kita inginkan dapat kita buat. Dan berikut ini merupakan
fasilitas yang terdapat dalam toolbox yang dapat kita gunakan untuk membuat
berbagai bentuk yang kita inginkan :
1.
Rectangle Tool
|
:
|
Alat ini digunkan
untuk membentuk objek persegi panjang atau persegi.
|
2.
Ellipse Tool
|
:
|
Alat ini digunakan
untuk membentuk objek lingkaran.
|
3.
Object Tool
|
:
|
Alat ini dapat
mempermudah atau mempercepat proses pembentukan objek berbentuk bintang,
polygon, spiral, tabel dsb.
|
4.
Perfect Shape Tool
|
:
|
Alat ini digunakan
untuk membentuk berbagai objek gambar spesifik secara mudah dan cepat.
Misalnya dalam membuat objek jajar genjang, balon, simbol diagram alur, panah
dsb.
|
5.
Table Tool
|
:
|
Alat ini digunakan
untuk membuat tabel dalam format persegi atau persegi panjang. Tabel ini
tidak hanya dapat dimasukkan tulisan/teks tetapi juga dapat dimasukkan gambar
kedalamnya.
|
c.
Objek Teks
Objek teks merupakan unsur yang paling sering digunakan pada
rancangan grafis. Ada yang membuatnya sebgai logo, teks artistik bahkan
mengubah objek teks menjadi objek gambar. Dan objek teks ini dapat dibuat
melalui text tool yang terdapat dalam tool box. Dan setelah itu objek dapat
diproses melalui pick tool sehingga dapat membentuk bayangan dsb.
d.
Warna
Pilihan warna terdapat dalam color palette. Namun ada
bebrapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks yaitu :
1.
Fill & Outline
|
:
|
Pada fasilitas tool box, sistem menyediakan fill tool
untuk mengatur isi objek gambar / teks. Sedangkan untuk mengatur garis
pembentuknya sistem menyediakan outline tool.
|
2.
Eyedropper & Paint Bucket Tool
|
:
|
Eyedropper tool digunakan untuk mengambil spesifikasi warna
atau atribut (property, transformation, dan effect) suatu objek gambar / teks
. setelah itu digunakan paint bucket tool untuk menyalin adata tersebut pada
objek gambar / teks lainnya.
|
3.
Smart Fill Tool
|
:
|
Tool ini dapat mengisi warna pada sembarang bidang
tertutup.
|
e.
Objek Artsitik
Objek artistik dapat berupa teks atau gambar. Dengan
menggunakan alat tertentu, suatu objek gambar / teks dapat terlihat berbeda
dari biasa. Dan objek artistik tersebut terdiri dari :
1.
Garis Artistik
(objek teks)
|
:
|
Teks yang artistik dapat dibuat melalui artistic media
tool yang terdapat pada tool box.
Teks apapun dapat dibuat karena penggunaannya seperti menggambar atau menulis
dengan bolpoint.
|
2. Artistik
(objek gambar)
|
:
|
Gambar artistik yang dihasilkan melalui artistic media tool adalah seperti
sketsa gambar. Dan penggunaannya sama dengan embuat garis artistik untuk
objek teks.
|
3.
Efek Distorsi
|
:
|
CorelDRAW menyediakan interactive
distort tool didalam interactive
effects tool. Efek distorsi dapat diaplikasikan untuk objek gambar / teks
sehingga dapat terlihat lebih artistik.
|
4.
Smudge Brush
(objek baru)
|
:
|
Melalui smudge brush
tool, suatu sisi objek gambar dapat ditarik sehingga akan membentuk
gambar yang baru sesuai dengan keinginan. Dan sub alat ini dapat diakses
melalui shape edit tool.
|
BAB II
DESKRIPSI LOKASI PERUSAHAAN
Jln KH Abdullah Bin Nuh No.226 Ruko
Taman Yasmin Sektor 6 Bogor Barat- 16313
3.1 Profil
dan Sejarah AA Advertising
Nama
Perusahaan
|
:
|
AA Advertising
|
Pimpinan
|
:
|
Lylyk
Priambodo.SE
|
Bidang
usaha
|
:
|
Percetakan
|
Tgl/Bulan/Thn
Berdiri
|
:
|
4 April
2010
|
PT. AA Advertising berdiri
pada tanggal 4 April 2010 sebelum berubah menjadi AA Advertising dahulu bernama
Bening Embun Digital Print yang berdari pada tahun 2007 karena perkembanagn
dunia advertising maka menjadi seperti sekarang ini
Visi : Seiring perkembangan bisnis Indonesia yang
semakin pesat maka AA advertising ingin ikut serta mengambil peran penting
dengan menjadi sarana promosi yang berkualitas, efektif serta efisien
Misi : Menyediakan sarana promosi yang tepat sasaran
dan terus menigkatkan metode kerja, fasilitas produksi dan mutu pelayanan
dengan mengembangkan perlengkapan dan peralatan sesua dengan keinginan konsumen
yang semakin kompleks, perkembangan dan kebutuhan jaman sehingga mampu bersaing
dengan perusahaan advertising lainnnya, hasil yang memuaskan dengan dalam hal
kualitas dan ketepatan waktu serta harga yang kopetitif
3.2
Struktur
Organisasi AA
Advertising
3.3
Deskripsi Kerja
Pimpinan Perusahaan
|
:
|
Bertugas untuk mengatur/ memimpin perusahaaan.
|
Admin
|
:
|
Bertugas untuk menerima pembayaran
|
Desainer
|
:
|
Bertugas untuk melayani pelangggan yang datang
|
Operator Printer
|
:
|
Bertugas untuk memprint gambar yang telah dibuat desainer
|
Add Deployed
|
:
|
Berutgas untuk menyelesaikan produk
|
3.4 Fasilitas-Fasilitas
Pendukung di AA Advertising
a.
5 unit personal
computer
b.
2 unit printer besar beserta perlengkapan
percetakannya
c.
5 buah flashdisk
d.
1 buah telepone
e.
Berbagai
aplikasi/software yang berhubungan dengan desain grafis
f.
Dan berbagai alat
pendukung lainnya
BAB IV
HASIL KEGIATAN PRAKERIN DAN PEMBAHASAN
4.1 Jadwal
Kegiatan Prakerin
No
|
Hari / Tanggal
|
Waktu
|
Uraian
Kegiatan
|
|
Datang
|
Pulang
|
|||
1
|
Kamis, 17/07/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Finishing Produk
|
2
|
Jumat,
18/07/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Finishing Produk
|
3
|
Sabtu, 19/07/2014
|
08.00
|
15.15
|
- Finishing Produk
|
4
|
Senin,
21/07/2014
|
08.00
|
17.00
|
- Finishing Produk
|
5
|
Selasa, 22/07/2014
|
08.00
|
17.00
|
- Finishing Produk
|
6
|
Rabu,
23/07/2014
|
08.00
|
17.00
|
- Finishing Produk
|
7
|
Kamis, 24/07/2014
|
08.00
|
16.00
|
- Finishing Produk
|
8
|
Jumat,
25/07/2014
|
08.00
|
17.00
|
- Finishing Produk
|
9
|
Jumat, 08/08/2014
|
08.30
|
18.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
10
|
Sabtu, 09/08/2014
|
08.30
|
16.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
11
|
Senin, 11/08/2014
|
08.30
|
18.00
|
- Produksi
- Finishing
Produk
|
12
|
Selasa,
12/08/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
13
|
Rabu, 13/08/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
14
|
Kamis,
14/08/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
15
|
Jumat, 15/08/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
16
|
Sabtu,
16/08/2014
|
08.30
|
13.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
17
|
Senin, 18/08/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
18
|
Selasa,
19/08/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
19
|
Rabu, 20/08/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
20
|
Kamis,
21/08/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
21
|
Jumat, 22/08/2014
|
08.30
|
20.30
|
- Produksi
- Desain Produk
|
22
|
Sabtu,
23/08/2014
|
08.30
|
16.30
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
23
|
Senin, 25/08/2014
|
08.30
|
16.30
|
- Produksi
- Desain Produk
|
24
|
Selasa,
26/08/2014
|
08.30
|
22.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
25
|
Rabu, 27/08/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
26
|
Kamis,
28/08/2014
|
08.30
|
21.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
27
|
Jumat, 29/08/2014
|
08.30
|
16.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
28
|
Sabtu,
30/08/2014
|
08.30
|
14.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
29
|
Senin, 01/09/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
30
|
Selasa,
02/09/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
31
|
Rabu, 03/09/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
32
|
Kamis,
04/09/2014
|
08.30
|
18.00
|
- Produksi
- Finishing Produk
|
33
|
Jumat, 05/09/2014
|
08.30
|
18.00
|
- Membuat Laporan
- Desain Produk
|
34
|
Sabtu,
06/09/2014
|
08.30
|
16.30
|
- Produksi
- Desain Produk
|
35
|
Senin, 08/09/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
36
|
Selasa,
09/09/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
37
|
Rabu, 10/09/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
38
|
Kamis,
11/09/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
39
|
Jumat, 12/09/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
40
|
Sabtu,
13/09/2014
|
08.30
|
17.00
|
- Produksi
- Desain Produk
|
Keterangan
Desain
Produk meliputi
- Desain BillBoard
- Desain Banner
Produksi
meliputi
-
Menyeting Gambar
-
Menyesuaikan Bahan
- Memprint Gambar
- Cleaning Printer
Finishing
Produk meliputi
-
Melipat dan mengelem
-
Membuat Lubang
-
Melaminasi
-
Melaminating
-
Memotong Kartu Nama
4.2
Perincian Kegiatan Prakerin
|
|||
1. Pra Kegiatan
|
:
|
Mempersiapkan Alat untuk pelaksanaan kegiatan
dan juga menjaga kebersihan tempat kegiatan.
|
|
2. Pelaksanaan
|
:
|
Mengerjakan kegiatan yang dilakukan sesuai
dengan aturan dan keharusan di lapangan.
|
|
3. Pasca Kegiatan
|
:
|
Mengoreksi kembali hasil kegiatan dangan
teliti untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.
|
|
4.3 Pembuatan
Banner
1) Buka
CorelDRAW lalu buat document baru dengan ukuran 100cm x 500cm .
2) Buat
kotak menggunakan Rectanggel Tool dengan ukuran yang sama.
3) Lalu
warnai dengan Interactive Tool - pilih linear – dan Tarik kebawah dan gunkana
warna sesuai keinginan (atau pilih warna dari logo perusahaan anda)
4) Untuk
menggunakan lima warna caranya, dubble klick pada garis klick warna yang sesuai
(gunakan warna ber gradasi terang ke gelap seperti gambar di atas saya pake
gradasi putih ke abu).
5) Buat
garis lengkung sesuai keinginan dengan menggunakan Freehand atau tekan F5 dari
keyboard, usahakan membuat garis melawati kotak yang telah tadi dibuat.
6) Lalu
gunakan Smart Fill Tool untuk mebuat objeck baru dari garis yang saling
berpotongan, lalu hapus garis yang di buat tadi.
7) Untuk
mewarnai caranya sama denga tahap sebelumnya yaitu menggunakan Interactive
Tool, gunakan warna yang berbeda (yang lebih mencolok seperti saya menggunakan
warna gradasi biru )
8) Untuk
hasil lebih hidup gunanakan 5 gradasi warna caranya sama pada tahap sebelumnya
yaitu dengan cara dubble click pada garis dan pilih warna yang sesuai
9) Masukan
logo dan nama perusahaan anda dan letakan di samping kiri untuk merata
tengahkan seleksi kedua objek (logo dan background) lalu tekan E pada keyboard
10) Lalu
cantumkan jenis perusahaan anda dan sub jenisnya dengan meggunakan Text Tool
atau tekan F8 pada keyboard lalu beri wana (warna yang dipakai usahakan warna
yang sudah dipakai karna kalau terlalu banyak warna hasilnya tidaklah bagus),
cantumkan juga alamat perusahaan anda, pilih align text center.
11) Untuk
sentuhan akhir masukan icon-icon yang berhubungan dengan jenis usaha anda.
4.4 Pembuatan
Billboard
1) Buka
CorelDRAW lalu buat document dengan ukuran 500cm x 800cm
2) Buat
kotak dengan Rectangel Tool dengan ukurang yang sama
3) Warnai
dengan Interactive Tool lau pilih Radial dan Tarik (gunakan warna yang sesuai
keinginan atau samakan dengan waran logo perusahaan anda)
4) Masukan
Logo dan Nama Perusahaan anda letakan di tengah atas untuk merata centerkan
seleksi kedua objeck (logo dan background ) dan tekan C pada keyboard
5) Buat
lingkaran untuk text box (latar belakang text) gunakan Elips Tool atau tekan F7
lalu tarik untuk membuat lebih simetris tekan CTRL lalu tarik, letakan
lingkaran di bagian tengah bawah
6) Cantumkan
jenis perusahaan anda dengan menggunakan Text Tool atau tekan F8 pada keyboard
letakan tepat ditengah – tengah lingkaran
7) Buat
latar belakang text lagi berbentuk kotak gunakan Rectangle Tool atau tekan F6
pada keyboard
8) Cantumkan
nomor kontak dan alamat perusahaan anda,letakan ditengah – tengah kotak yang
tadi dibuat
9) Lalu
gunakan Freehand Tool lalu buat seperti gambar diatas
10) Buat
shape disisi kanan seperti gambar diatas dengan menggunkan Polyline Tool
Gambar 4.5 Billboard Step 9
11) Warnai
dengan warna putih lalu ditransparankan dengan cara menggunakan Interactive
Transparant Tool lalu pilih Radial dan Tarik
12) Lalu
copy mirror atau buat ulang seperti gambar diatas disisi kiri dengan cara yang
sama di tahap sebelumnya
13) Untuk
sentuhan akhir masukan Icon – icon yang berhubungan dengan perusahaan diatas
dan letakan seperti pada gambar
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Setelah
Penulis melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di AA Advertising yang dimulai dari tanggal 17 Juli sampai dengan
tanggal 13 September 2014, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa
Praktek Kerja Industri (Prakerin) itu sangat penting bagi pelajar Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK)karena
dalam masa Praktek Kerja Industri ini siswa dapat terjun langsung ke lapangan,
serta dituntut untuk bertanggungjawab atas kegiatan yang dilakukan dalam masa
Prakerin.
Dan
melalui Prakerin ini Penulis mengambil kesimpulan bahwa pengalaman yang
didapatkan dilapangan kerja khususnya dari segi teknik pelaksanaannya lebih
praktis jika dibandingkan dengan pelajaran yang diterima di sekolah. Hal ini
disebabkan karena dilapangan kita dituntut untuk memanfaatkan waktu yang
seefisien mungkin dengan kesalahan sekecil mungkin.
Sedangkan
disekolah pengalaman belajar ditujukan pada hal yang sebenarnya dari teori
berdasarkan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan dibuktikan secara
ilmiah. Ini membuktikan bahwa pengalaman yang diperoleh penulis di lapangan
setelah dibandingkan lebih teliti di sekolah hanya saja waktu yang diperlukan
sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan di lapangan. Walaupun sebenarnya
teori yang dipergunakan di lapangan kerja pada dasarnya mempunyai teori yang
sama dengan apa yang dipelajari di sekolah.
5.2 Saran
Dalam laporan ini Penulis akan
menguraikan pengalaman-pengalaman Penulis sebagai Peserta Prakerin kepada
Guru-Guru di Sekolah dan kepada Pembimbing di AA Advertising
a. Pelajaran
Teori Praktik
Mengenai pelajaran
teori praktik, penulis merasa banyak kekurangan mengenai salah satu materi yang
pernah diberikan, saran penulis agar
pelajaran teori praktik lebih diperbanyak dan di lebih ditekankan, karena sudah
kita ketahui di awal-awal bahwa yang dibutuhkan di dunia Industri adalah
kebanyakan Skil bukan teori yang berbelit-belit tapi tujuannya sangatlah mudah
jika di praktikan.
b. Pemberian
Modul
Diharapkan diadakan
pemberian modul kepada peserta diklat agar para peserta diklat tidak perlu
terbebani oleh mata pelajaran lain, setelah aktif mengikuti KBM kembali.
c. Hubungan
kekeluargaan yang sudah terjalin baik antara pimpinan dan para teknisi Sukaregang Komputer supaya tetap terjaga dan
lebih baik lagi.
Akhir
kata penulis ingin meminta maaf apabila terdapat kata atau pengucapan yang
kurang baik dan atas segala kekurangan tersebut penulis berharap agar laporan
ini bermanfaat bagi pembaca.
Terimakasih.
DAFATAR PUSTAKA
http://www.indonesiaprintmedia.com/kilas-berita/261-digital-printing-dan-jenisnya.html
http://percetakanelevenprinting.blogspot.com/p/jenis-materi-bahan-digital-outdoorindoor.html#.VDbwHfmSxmo
http://www.dgspeak.com/bisnis-industri/mengenal-jenis-mesin-digital-printing/
gambarnya dimana min??
BalasHapus